Posted in Thoughts

#ResolusiHijau2015 Alam Adalah Rumah Kita

“Nature is not a place to visit. It is home.” – Gary Snyder.

Benar sekali. Alam bukanlah suatu tempat yang hanya untuk dikunjungi, bukan tempat untuk sekadar disinggahi, tapi alam adalah rumah kita. Rumah yang nyaman adalah rumah yang dijaga dan dirawat dengan baik oleh yang menempatinya. Begitu pula dengan alam. Kita sebagai manusia yang menempati dan bersandar pada alam sudah seharusnya menjaga dan melestarikan alam, yang manfaatnya adalah untuk kita juga. Lalu, apa resolusi hijau untuk negara kita di tahun 2015 ini?

Nature

Alam Indonesia yang indah ini terdiri dari daratan dan lautan yang sangat luas. Nah, maka dari itu, sudah menjadi keharusan bagi setiap warga negaranya untuk ikut berpartisipasi dalam usaha melestarikan lingkungan. Jadi, melestarikan lingkungan itu bukan hanya tugas pemerintah, tetapi merupakan kewajiban setiap warga negara. Namun, koordinasi pemerintah memang sangat diperlukan. Untuk itulah kerjasama antara pemerintah dengan masyarakat perlu lebih ditingkatkan.

Usaha pemerintah yang bekerjasama dengan masyarakat di bidang lingkungan sebenarnya sudah banyak dilakukan. Baik di pemerintahan pusat maupun pemerintahan daerah sudah banyak dilakukan usaha pelestarian lingkungan, contohnya seperti kegiatan penanaman seribu pohon, reboisasi hutan mangrove, pembuatan taman-taman kota, sampai pembudidayaan terumbu karang. Akan tetapi, pelestarian lingkungan bukan hanya tentang hal-hal tersebut. Tindakan tegas terhadap oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab merusak lingkungan untuk kepentingan pribadi, seperti illegal logging dan pengeksploitasian hasil laut, juga diperlukan. Tapi saya yakin pemerintah juga sudah dan masih akan tetap berusaha mengatasi masalah tersebut. Memang tidak mudah mengatasi hal-hal tersebut yang sepertinya sudah menjadi isu lingkungan yang berkepanjangan di Indonesia.

Banyak sekali cara yang dapat kita lakukan untuk ikut melestarikan alam. Bukan harus dengan hal-hal yang besar, tetapi kita dapat memulainya dari yang kecil, hal-hal yang dapat kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari.

  • Menciptakan lingkungan hijau di sekitar rumah. Bukan hal yang baru, terutama di kota-kota besar, banyak sekali rumah yang tidak memiliki pekarangan dan tanaman. Sepertinya memang perlu dilakukan sosialisi agar setiap rumah memiliki tanaman hijau. Jika tidak mempunyai lahan, bisa menggunakan pot. Bayangkan jika setiap rumah penduduk Indonesia memiliki tanaman hijau, maka itu sudah dapat membantu pengurangan polusi udara, selain tentunya menciptakan pemandangan yang asri. Saya beruntung memiliki orang tua yang sangat mencintai tanaman. Almarhum ayah saya membuat taman kecil di halaman rumah yang ditanami berbagai tanaman hias, berbagai macam bunga hingga tanaman obat-obatan. Setelah ayah saya meninggal, taman kecil dan semua tanaman di halaman masih dirawat dengan baik oleh bunda saya.
  • Membantu penanggulangan sampah. Cara paling sederhana yang dapat kita lakukan adalah membuang sampah pada tempatnya. Hal klasik yang mungkin sampai sekarang masih menjadi masalah karena kurangnya kesadaran masyarakat. Pemisahan sampah organik dan anorganik perlu dilakukan. Selain itu mendaur ulang sampah menjadi produk-produk baru juga merupakan hal positif yang dapat dilakukan, dan berita baiknya hal itu sudah banyak diterapkan oleh masyarakat Indonesia.
  • Penghematan listrik. Kita dapat menghemat listrik dengan cara seperti mematikan lampu ataupun alat-alat elektonik yang membutuhkan arus listriknya lainnya jika tidak sedang diperlukan. Mengurangi pemakaian AC, sebagaimana yang kita tahu AC berkontribusi terhadap pemanasan global. Selain itu, kita juga dapat mengurangi ketergantungan kita terhadap gadgets, smartphone khususnya, yang mudah sekali kehabisan tenaga baterai sehingga perlu diisi ulang. Pengisian ulang yang terlalu sering juga termasuk pemborosan listrik. Selain itu, radiasi yang ditimbulkan juga dapat mengganggu kesehatan kita.
  • Mengurangi pemakaian kendaraan bermotor. Emisi gas buang kendaraan bermotor sangat berbahaya bagi tubuh dan lingkungan. Kita dapat mencoba mengurangi pemakaian mobil atau sepeda motor dalam kehidupan sehari-hari. Mungkin bersepeda ke kampus atau ke tempat keja sesekali boleh dicoba? Atau paling tidak di hari libur, melakukan kegiatan bersepeda dan car free day bisa jadi pilihan. Tapi ingat, kegiatan yang seharusnya bertujuan untuk mencintai lingkungan itu jangan justru menjadi acara yang merusak lingkungan dengan meninggalkan sampah dimana-mana. Niatnya sudah baik, hanya perlu diorganisir dengan lebih baik.

Hal-hal di atas adalah sebagian kecil dari banyak yang dapat kita lakukan dalam usaha pelestarian lingkungan. Apa mungkin hal itu bisa terwujud di tahun 2015 ini? Sepertinya mustahil menerapkan hal itu pada ratusan juta jiwa penduduk Indonesia? Jawabannya ada pada diri kita. Jika pola pikir kita tidak diubah, maka selamanya kita akan tetap begini. Jika kita memulai dari sekarang dan mengubah pertanyaan menjadi “Bagaimana hasilnya jika setiap kita memiliki kesadaran untuk berbuat sesuatu bagi lingkungan?” Jawabannya pasti akan membuat kita tersenyum.

Jadi, kesadaran kita untuk melestarikan alam ada pada diri kita sendiri. Untuk lebih membuka wawasan kita tentang lingkungan, kita perlu banyak belajar dengan cara membaca, mengikuti kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan alam, ataupun mendukung program-program yang bertujuan untuk mewujudkan kelestarian alam seperti program-program yang dilakukan oleh The Nature Conservancy Program Indonesia. The Nature Conservancy (TNC) adalah sebuah organisasi yang memiliki visi mewariskan kehidupan alam yang berkesinambungan bagi generasi mendatang dan misi melestarikan daratan dan perairan yang menjadi sandaran bagi semua kehidupan, dan telah banyak bekerjasama dalam melakukan kegiatan di bidang konservasi alam di lebih dari 35 negara termasuk Indonesia. [Source]

logo-1
Logo TNC

Sudah saatnya generasi muda lebih membuka diri untuk ikut melakukan perubahan demi menjaga kelestarian alam. Resolusi yang saya tulis ini bukan hanya sekadar cara saya untuk ikut berpartisipasi dan saling berbagi informasi tentang lingkungan, tetapi lebih kepada pengingat untuk diri saya sendiri agar saya lebih peduli terhadap lingkungan dan lebih aware dengan apa yang terjadi di lingkungan sekitar saya. Hal-hal kecil yang kita lakukan terhadap lingkungan jika dilakukan secara berkesinambungan dan dilakukan oleh setiap kita akan berdampak besar bagi lingkungan. Kalau tidak sekarang, kapan lagi? Kalau bukan kita, siapa lagi? Klise memang. Tetapi memang itu intinya. Act now! Do something for our country. For the environment, for nature, for the world.

“Here is your country. Cherish these natural wonders, cherish the natural resources, cherish the history and romance as a sacred heritage, for your children and your children’s children. Do not let selfish men or greedy interests skin your country of its beauty, its riches or its romance.” – Theodore Roosevelt.

Advertisements

5 thoughts on “#ResolusiHijau2015 Alam Adalah Rumah Kita

  1. Ini kegiatan yang bagus banget. Harus didukung nih.

    Sering sedih. Dengar cerita, lihat rekaman foto teman. Di tempat alam indah di Indonesia. Yang mulai terkenal seperti Ranukumbolo *bener gak ya* makin banyak yang datang. Makin banyak sampah bertebaran.

    1. Iya, Mas Ryan 😦 Ranu Kumbolo cm salah satu dari byk wisata alam di Indonesia yg semakin byk tourist yg dtg semakin byk sampah. Yg diperlukan emg kesadaran kita utk menjaga alam itu td.

      1. Menurut aku sih Mas intinya kembali ke diri masing2 aja. Kalo setiap orang mau peduli, pasti masalah sampah dan masalah lingkungan yg lain bisa teratasi. Semoga kita termasuk orang2 yg punya kesadaran itu 🙂

      2. Amin.
        Saya akhir tahun lalu untungnya dikenalkan dengan komunitas yang peduli. Kami bikin acara Jakarta Clean Project di Kota Tua. Lagi menunggu project tahun ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s