Posted in Trip

Bersantai di Hotel Seruni, Puncak

“The best way to pay for a lovely moment is to enjoy it.” -Richard Bach

So, last March my family and I went to Puncak, Bogor. Kami ke sana memang hanya ingin menginap di hotel menikmati udara sejuk Puncak saja, jadi memang tidak ada rencana ke tempat wisata tertentu. Paling hanya ke kebun teh saja kalau memungkinkan. Setelah melihat review penginapan-penginapan yang ada di Puncak, kami pun memilih Seruni Hotels di Cisarua. There were good and bad reviews, but most of those reviews seemed to agree that Seruni Hotels offer the awesome mountain view.

Kami cukup lega jalan menuju Puncak hari itu lumayan lancar karena memang kami pergi tidak di saat weekend. Setelah sampai di Puncak, aku sempat heran saat mobil berbelok ke jalan kecil, dan ternyata kakakku bilang itu memang jalan menuju Seruni Hotels. Tapi memang jalannya kecil banget, hanya bisa dilewati satu mobil atau maksimal dua tapi tentu sangat sulit kalau kau ingin menyalip. Dan jika ada dua mobil berpapasan, dari arah berlawanan, mobil yang satunya harus memelankan laju kendaraan agar mobil yang satu bisa lewat terlebih dahulu. Kanan kiri jalan banyak pepohonon dan semak belukar dan terkadang ada rumah penduduk.

Setelah melewati jalan kecil yang berbelok-belok itu kami pun sampai di Seruni Hotels. Seruni hotels terdiri dari Hotel Seruni Pangrango (Seruni I), Hotel Seruni Gunung Gede (Seruni II), dan Hotel Seruni Gunung Salak (Seruni III) yang ketiganya masih dalam satu kawasan. Arsitekturnya cukup megah dan masing-masing hotel memiliki fasilitas kolam renang, namun pengunjung bebas bermain di kolam renang mana saja. Kami menginap di Hotel Seruni II yang berada di antara Hotel Seruni I dan Hotel Seruni III. Kami sudah memesan dua kamar menghadap view. Oh ya, jangan lupa bilang yang view saat booking, karena di sini juga ada kamar-kamar yang tidak menghadap pemandangan pegunungan Puncak.

Setelah check-in kami pun beristirahat. Pelayanan dan fasilitas hotel cukup baik. Desain interior-nya memadukan beberapa unsur budaya. Kau akan melihat banyak patung dan lukisan. Walaupun bernuansa klasik, di beberapa bagian juga terlihat sentuhan modern minimalis. Well, lupakan tentang interior-nya, karena view di sini benar-benar memanjakan mata. Berdiri di balkon menikmati pemandangan hijau dan udara yang sejuk. Lovely!

Sorenya kami ke Beach Pool, kolam renang Hotel Seruni III. Kolam renang yang diberi pasir di tepinya sehingga tampak seperti pantai kecil buatan. Dan di dekat pool ada taman yang dilengkapi dengan arena permainan anak-anak. Aku seperti biasa kalau pergi bersama keluarga pasti selalu diminta jadi fotografer- okay, maksudku tukang foto- yang memotret mereka berbagai pose. Selagi yang lain masih asyik main air, aku yang memang lagi kurang enak badan memilih selonjoran di kursi di dekat kolam renang sambil dengerin lagu pake earphones. Sambil menengadah, I watched the dragonflies flying with the sky background, bikin mataku kriyep-kriyep. Untung saja aku gak ketiduran.

Malamnya aku cuma melungker di balik selimut karena flu. Tapi sebelumnya aku menyempatkan duduk-duduk di balkon karena view-nya juga bagus banget di malam hari. Kerlap-kerlip lampu dari rumah penduduk yang dilatari siluet pegunungan itu terlihat cantik. Maksudnya aku ingin tidur cepat karena kepalaku pusing, tapi sampai lewat tengah malam aku malah gak bisa tidur. Ah, menyebalkan.

Besok paginya setelah sarapan di restaurant hotel, keluargaku ke kolam renang Hotel Seruni II, sepertinya keponakanku masih ingin bermain air. Aku sendiri memilih ke rooftop restaurant dan melihat-lihat pemandangan. Pagi yang berkabut. Tapi tetap tidak mengurangi keindahan hamparan hijau yang disertai sinar keemasan matahari pagi. Tidak lama kemudian kami bersiap-siap untuk check out.

Pulangnya seperti rencana awal kami sempatkan ke perkebunan teh. Kami menuju ke Agrowisata Gunung Mas. Seharusnya perjalanan bisa lebih cepat kalau saja jalan tidak macet. Sepertinya ada kecelakaan. Ternyata di depan ada truk minyak sedikit terperosok ke tepi jalan. Kami tidak terlalu jelas seperti apa kejadiannya. Setelah melewati lokasi truk tersebut jalan kembali lancar.

Gerimis mulai turun, dan begitu sampai di Agrowisata Gunung Mas pun masih gerimis. Karena sudah sampai, ya sudah kami memutuskan untuk masuk. Tarif masuknya Rp. 15.000/orang. Kebun tehnya bagus dan tertata rapi. Maksud hati ingin melakukan tea walk atau melihat pabrik pembuatan teh. Tapi gerimis mulai menderas sehingga kami mengurungkan niat kami. Lagipula kami juga tidak mau kesorean di jalan kalau menunggu hujan yang tidak dapat diprediksi kapan berhentinya. Akhirnya kami cuma turun untuk berfoto sebentar. Kami pun langsung naik ke mobil lagi untuk melanjutkan perjalanan ke Jakarta diiringi hujan yang semakin deras. Ah, next time aku harus kembali lagi ke sini untuk tea walk, pikirku.

Alamat Seruni Hotels:
Jl. Raya Pirus,  Kp. Baru Tegal Cibeureum Cisarua : Bogor, Jawa Barat, Indonesia

Alamat Agrowisata Gunung Mas:
Jl. Raya Puncak, KM. 87, Cisarua, Bogor, Jawa Barat

15 thoughts on “Bersantai di Hotel Seruni, Puncak

1. Boleh sih, kalau bs dibicarakan jg sama pihak pengelolah, siapa tau dgn km promote mereka sudi bg fee gt..kan lumayan, menyalurkan hobi nulis sekaligus dpt duit.. ^ ^