Posted in Uncategorized

Belajar Menjadi Orang yang Bermanfaat Melalui Hobi

Berbicara tentang hobi, maka akan menjadi pilihan sulit bagi saya untuk menentukan mana hobi yang paling saya minati. Karena saya punya banyak hobi. Makanya blog saya ini isinya “gado-gado”, mulai dari tulisan tentang sepakbola sampai tentang jalan-jalan. Tapi saya pilih saja ya tiga hobi yang ingin saya ceritakan di sini yaitu menulis, menggambar, dan crafting.

Menulis

Saya suka membaca sejak kecil, mungkin karena itulah saya jadi suka menulis. Karena hobi menulis maka saya membuat blog ini. Saya juga suka menulis fiksi. Ada beberapa cerpen yang saya posting di blog ini. Saya juga mencoba menulis novel, ada beberapa draft tulisan tapi belum ada yang selesai. Sepertinya saya harus lebih mendisplinkan diri untuk menulis, karena salah satu keinginan saya adalah menjadi penulis. Nah kalau untuk puisi awalnya saya tidak terlalu berminat. Tapi saya mulai menulis puisi di blog ini saat ikut berpartisipasi dalam program YouthCareID membuat tulisan tentang Palestina yang kemudian dijadikan e-book dan hasil penjualannya disumbangkan ke Palestina saat itu. Puisi saya untuk Palestina bisa dilihat di sini.

Cerita lain saya tentang menulis puisi yaitu bulan September lalu saya ikut kompetisi menulis puisi Qurani Parmusi (Persaudaraan Muslimin Indonesia), dan puisi saya menjadi salah satu dari 100 puisi terpilih dari 1.195 kontributor seluruh Indonesia. Launching buku antologi puisinya diadakan saat milad Parmusi yang saat itu juga dihadiri oleh wakil presiden, Bapak Jusuf Kalla. Tapi saya tidak bisa hadir saat itu, jadi bukunya dikirim ke alamat saya. Saya tidak menyangka bisa terpilih pasalnya dari 100 pemenang itu, saya lihat biodatanya, pesertanya banyak para pujangga dan orang-orang yang memiliki nama besar di dunia puisi, yang karyanya sudah dimuat di berbagai media dan sudah menerbitkan buku. Sedangkan saya baru belajar menulis.

Menggambar

Hobi menggambar saya sudah terlihat sejak kecil. Saya suka banget menggambar dan mewarnai. Keluarga, teman, dan guru sering bilang kalau saya punya keterampilan menggambar. Saya suka menggambar apa saja, mulai dari manusia, pemandangan, sampai desain busana. Beberapa tahun belakangan saya lebih sering menggambar manga karena saya juga suka membaca komik.

Namun belakangan, saya jarang menggambar lagi. Pasalnya setelah saya baca-baca artikel saya baru tahu kalau menggambar makhluk bernyawa (manusia dan hewan) tidak diperbolehkan dalam Islam. Namun ada ketentuannya juga seperti diperbolehkan jika tidak disertai wajah, untuk lebih jelasnya baca saja artikel di situs-situs Islam ya, karena saya juga belum begitu paham untuk menjelaskan. Jadi karena masih ragu saya memilih untuk tidak menggambar manga sekarang ini, namun saya ingin lebih mencari tahu lagi tentang hukum dan pemahaman tentang menggambar makhluk bernyawa ini. Kalau ada yang tahu, boleh di-share di sini.

Fanart saya untuk komik Lady Victorian (Naoko Moto).

Crafting

Hobi saya yang satu ini sepertinya terinspirasi dari ibu saya. Bunda hobi menjahit dan membuat craft berbahan dasar kain. Bunda suka merombak baju, membuat tempat tissue, sarung bantal, sampai gorden jendela. Bunda juga sempat mendapat banyak pesanan tapi kemudian bunda tidak menjalani secara profesional karena bunda menganggap menjahit ini hanya sebagai hobi saja. Jadi saya dulu waktu masih kecil suka ngerusuhin bunda, kain sisa jahitan kadang saya desain untuk baju boneka barbie saya, setelah saya gunting lalu saya kasih bunda untuk dijahit. Berikutnya saya jadi sering ikutan bikin craft dari kain, walaupun saya hanya menjahit dengan tangan karena saya tidak bisa mengoperasikan mesin jahit. Bunda bilang saya berbakat. Tapi entahlah, saat itu saya tidak terpikir untuk serius menekuninya, dan saya pun tidak berminat untuk belajar menjahit dengan mesin jahit. Bertahun setelahnya saya tidak lagi berminat untuk bikin craft seperti itu.

Nah, melihat dunia fashion dan crafting Indonesia saat ini yang tengah berkembang pesat, saya jadi ingat lagi sama hobi crafting saya yang sudah lama saya lupakan. Dan beberapa bulan ini saya mulai crafting lagi walaupun hanya saya lakukan di saat weekend. Saya lagi suka bikin clutch mungil dan bag charm. Desain yang saya suka adalah yang simple, dan karena saya suka bunga saya jadi suka juga bentuk-bentuk bunga. Kalau semisal ada yang pesan sedikit festive, baru kadang saya tambahin manik-manik atau payet gitu. Tapi saya tetap bikin desain yang simple dan tidak terlalu ramai. Semuanya handmade, jadi memakan waktu yang lumayan terutama clutch.

Saat ini saya belum saya promosikan ke sosial media sih, belum berniat memasarkannya. Saya belum tahu apakah hobi crafting saya ini akan lebih saya tekuni, yang jelas saat ini saya lagi senang-senangnya desain dan berkreasi. Ke depannya saya juga mau belajar banyak tentang desain, menjahit dan dunia fashion tentunya. Ada keinginan punya brand sendiri nanti, bermimpi boleh ya.

Ohya, saya kalau beli kain saat ini tidak banyak-banyak soalnya bikin craft-nya juga belum dalam jumlah besar. Nah kemarin saya kepikiran pengen bikin craft dari kain flanel karena baca-baca artikel dan mantengin instagram, ya ampun banyak banget craft lucu dari kain flanel. Jadilah saya pengen juga bikin craft dari kain flanel ala saya. Dan setelah saya cari di Bukalapak banyak banget yang jual. Yay, nggak mesti ke toko kain deh!

Belanja di Bukalapak itu mudah dan praktis banget. Dan sering ada diskon loh dari pelapaknya! Untuk kamu yang sudah sering belanja di Bukalapak pasti sudah akrab dengan cara belanjanya. Tapi mungkin ada yang baru mau berbelanja online, kamu bisa ikuti langkah-langkahnya. Begini cara belanja di Bukalapak dengan aplikasi Bukalapak.

Step 1

Pilih produk yang ingin kamu beli, bisa lihat di kategori atau langsung ketik keyword di kolom “cari barang”. Bukalapak akan menampilkan hasil pencarian kamu. Kamu bisa memilih produk yang paling sesuai kriteria kamu. Kamu juga bisa melihat reputasi pelapak dari feedback dan ulasan yang diberikan oleh pelanggan mereka, bisa jadi bahan pertimbangan kamu kan. Dan kamu juga bisa langsung tanya-tanya ke pelapaknya melalui menu “pesan”.

Step 2

Setelah kamu menentukan produk mana yang ingin kamu beli, maka kamu tinggal melakukan pembelian. Klik tombol “beli”, kemudian lanjutkan ke pembayaran.

Step 3

Review lagi data-datamu seperti nama, alamat, nomor telepon. Pastikan data yang kamu isi sudah lengkap dan jangan lupa memilih layanan pengiriman, lalu kamu bisa melanjutkan pembayaran.

Step 4

Kamu akan diberikan rincian dan total biaya yang harus kamu bayar. Kamu bisa memilih beberapa cara pembayaran yang ditawarkan oleh Bukalapak.Kamu bisa melakukan pembayaran melalui Bukadompet, Transfer Bank, Mandiri Clickpay, Mandiri E-Cash, CIMB Clicks/Rek. Ponsel, BCA Klikpay, Kartu Visa/Mastercard, atau Indomaret dan Alfamart. Kalau kamu pilih transfer maka akan ditampilkan beberapa rekening bank tujuan yang bisa kamu pilih, trus mentransfer nominal pembayaran yang unik hingga digit terakhir untuk memudahkan verifikasi. Setelah transfer lakukan konfirmasi pembayaran.

Kalau kamu memilih pembayaran melalui Indomaret, lakukan langkah yang awal yang sama, kemudian pilih metode pembayaran dengan indomaret. Kamu tinggal datang ke gerai Indomaret dan memberitahu kode tagihan kamu pada kasirnya. Setelah membayar kamu tidak perlu melakukan konfirmasi pembayaran karena pembayaran kamu sudah otomatis terekam oleh sistem Bukalapak.

Step 5

Setelah pembayaran kamu terverifikasi, status pembayaran dari “menunggu konfirmasi pembayaran” menjadi “dibayar” dan kamu tinggal menunggu barang pesanan kamu sampai. Kamu bisa melihat sampai di mana proses transaksi kamu di halaman Detail Transaksi. Dan kamu bisa juga menanyakannya pada pelapak dengan menu pesan. Dan kalau kamu sudah menerima barang pesananmu, kamu silakan lakukan konfirmasi penerimaan barang dengan memilih “konfirmasi terima barang” pada halaman Detail Transaksi. Dan jangan lupa beri feedback untuk pelapak ya.

Kamu juga akan mendapatkan pemberitahuan via email untuk setiap transaksi kamu. Nah, gampang dan praktis kan belanja di Bukalapak. Sejauh ini saya belum pernah kecewa belanja di Bukalapak, dan saya senang banget karena pesanan kain flanel saya kemarin cepat banget sampainya. Kalau sampai batas waktu yang ditentukan barang pesanan kamu belum sampai, uang kamu akan dikembalikan dengan fitur BukaDompet atau ke rekening kamu. Bukalapak menjamin keamanan transaksi kamu, dan kamu juga bisa membaca tips-tips dari Bukalapak untuk menghindari penipuan. Jadi, jangan ragu untuk belanja di Bukalapak.

Bukalapak menjadi salah satu platform e-commerce yang cukup populer saat ini. Dan e-commerce lain yang sangat menginspirasi saya adalah Hijup. Hijup merupakan e-commerce fashion muslimah yang sudah berkiprah di dunia internasional. Di Hijup kamu bisa menemukan berbagai macam busana muslimah dari berbagai macam brand dan juga karya dari para designer terkenal. Selain busana, kamu juga bisa menemukan sepatu, dan aksesoris yang bisa menambah cantik penampilan kamu.

Nah, kesuksesan dua e-commerce ini tentu tidak dimulai secara instant, namun hasil kerja keras yang bisa membawa mereka mencapai kesuksesan hingga saat ini. Yang menginspirasi bagi saya bukan hanya tentang kesuksesan mereka, tapi bagaimana mereka mau berbagi ilmu dan inspirasi dengan orang lain. Salah satu contohnya adalah kedua e-commerce ini bekerjasama mengadakan talkshow Inspirasi Wanita secara berkala yang selalu menghadirkan narasumber-narasumber inspiratif

Saya pernah menulis tentang Inspirasi Wanita Volume 1: Pintar Berbisnis, Bijak Mengelola Keuangan, dan Minggu 27 November kemarin saya juga menghadiri Inspirasi Wanita Volume 3: Berawal dari Hobi, Kreatif Jadi Produktif. Menyenangkan sekali bisa mendengar cerita dari para narasumber yang inspiring. Saya bisa belajar tentang semangat mereka, keinginan mereka untuk berbagi sekaligus menikmati apa yang mereka kerjakan, serta berpikir untuk konsisten dan selalu menemukan ide-ide baru.


Well, demikian postingan saya kali ini, mulai dari cerita tentang hobi saya, pengalaman berbelanja di Bukalapak, sampai talkshow inspiratif dari Hijup dan Bukalapak. Lalu pertanyaannya apakah hobi saya menginspirasi? Saya tidak tahu jawabannya. Tapi yang jelas, saya berharap semoga apa yang saya kerjakan dapat bermanfaat bagi diri saya dan orang lain, dan tulisan-tulisan yang saya share di blog ini dapat bermanfaat bagi yang membacanya. Dan teman-teman yang mempunyai hobi, apapun itu selama positif dan bisa membuatmu senang menjalankannya, lakukan saja. Hobi dapat membuat kita menjadi lebih kreatif dan menjadi sarana untuk belajar menjadi orang yang bermanfaat. Paling tidak, bisa bermanfaat bagi diri kita sendiri dengan menjadi lebih produktif. Alhamdulillah kalau ternyata bisa menghasilkan dan bermanfaat bagi orang lain. Karena manfaat kepada orang lain akan kembali untuk kebaikan diri kita sendiri. Terima kasih sudah membaca!

“Jika kalian berbuat baik, sesengguhnya kalian berbuat baik bagi diri kalian sendiri.” QS. Al-Isra: 7

“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain.” (HR. Ahmad, Ath-Thabrani, ad Faruqutni)


Tulisan ini diikutsertakan dalam Kompetisi Blog Inspirasi Wanita: “Hobimu, Inspirasi Sekelilingmu”oleh Hijup dan Bukalapak.



Advertisements

6 thoughts on “Belajar Menjadi Orang yang Bermanfaat Melalui Hobi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s